ANYAMAN
Anyaman Buluh
Gambar diatas merupakan seni rupa tiga dimensi. Termasuk jenis anyaman
buluh. Buluh atau biasa disebut bambu atau aur. Buluh merupakan salah
satu spesis rumput, sama seperti lalang, jagung dan padi.
Kata
Keranjang yang dianyam dari daun kelapa, dilengkapi dengan tali gantung
pikulan, sebagai tempat untuk mengisi hasil ladang, ayam dll. Ada
beberapa jenis keranjang yaitu kata mapa, kata kowe, kata rabha, kata
manu, kata rembi dll. Termasuk jenis seni rupa terapan yang berbentuk
tiga dimensi.
Tikar
Tikar dianyam dari daun lontar, dianyam dua lapis digunakan untuk alas
tidur sedangkan tikar besar digunakan untuk menjemur padi, jagung, dll.
Selain untuk tempat tidur dan alas jemuran, juga digunakan untuk alas
duduk bagi tamu agung atau tamu yang sangat dihormati.
Anyaman Datar
Gambar di samping adalah pembatas dinding yang merupakan jenis anyaman
datar. Anyaman datar dibuat datar pipih dan lebar. Selain sebagai
pembatas ruangan, jenis kerajinan ini banyak digunakan untuk tikar,
dinding rumah tradisional, atau yang lainnya.
Lampion
Gambar di samping termasuk anyaman rotan. Merupakan seni rupa tiga
dimensi dan merupakan seni terapan. Sesuai perkembangan zaman, seni
anyaman rotan juga kian popular dengan berbagai bentuk dan ukuran.
Seperti gambar lampu lampion di atas.
Anyaman Tiga Dimensi
Gambar di samping juga termasuk seni anyaman tiga dimensi namun,
bersifat murni. Hanya sebagai hiasan saja. Semakin berkembangnya seni
rupa anyaman. Hingga tidak hanya sebagai seni rupa terapan saja. Namun
dapat menjadi seni rupa murni.
Tas Anyaman
Kebanyakan produk tas terbuat dari bahan daun pandan. Anyaman pandan
diminati oleh konsumen dari Jepang dan Eropa. Produk-produk yang
terbuat dari bahan dasar pandan, banyak diminati oleh konsumen
mancanegara, berkaitan dengan sifat produk yang mudah didaur ulang
(renewable). Sampah produk yang berbahan baku pandan tidak mengganggu
fungsi lingkungan hidup.
Kiko
Bahan anyaman ini biasanya terbuat dari daun lontar, berbentuk segi
empat digunakan untuk mengisi beras atau emping beras serta digunakan
sebagai sarana upacara seremonial adat.
Anyaman Rotan
Gambar di atas merupakan gambar seseorang yang sedang menganyam rotan
menjadi barang yang bisa bermanfaat bagi kehidupan. Rotan tumbuh di
hutan-hutan liar di Nusantara. Rotan dianggap paling baik untuk dipakai
sebagai bahan baku anyaman.
Anyaman Ribu
Gambar di samping juga merupakan gambar seseorang yang menganyam menggunakan teknik anyaman ribu.
Anyaman Lidi
Pohon kelapa dikenali sebagai pohon serbaguna karena semua bagian pohon
inidapat digunakan. Salah satu bagianyang dapat dijadikan kerajinan
tangan adalah lidi kelapa. Misalnya, lekar, bakul, tempat simpan telur,
bekas buah-buahan dan raga gubahan bunga.
Gambar di atas adalah macam-macam jenis karya seni anyaman. Anyaman
ini berbentuk tiga dimensi, berwujud benda tiga dimensi sebuah produk
kerajinan. Sifatnya sebagai seni rupa terapan. Kerajinan ini telah
berkembang bukan hanya berbentuk kerajinan tradisional tetapi telah
berkembang jenis produknya dan lebih bernilai
Rotan tidak hanya di buat untuk seni anyaman yang bersifat terapan
saja. Rotan juga dapat digunakan sebagai seni murni. Seperti yang ada
pada gambar di atas. Gambar di atas merupakan anyaman bunga rotan.
Dapat digunakan sebagai hiasan pada dinding atau yang lainnya.
Anyaman Lidi
Gambar di diatas merupakan seni rupa terapan. Cara menganyam lidi tidak
jauh beda daripada cara menganyam rotan.. Untuk membuat lekar atau
bakul, misalnya, bagian dasar disusun terlebih dahulu didalam satu
bingkai supaya bilah-bilah lidi tidak mudah terungkai.
Anyaman Kete
Merupakan jenis anyaman kete. Berbentuk dua dimensi. Merupakan seni rupa murni. Bahan yang biasa digunakan biasanya dari kertas.
Gambar di atas adalah gambar lampu kurungan. Merupakan jenis seni rupa tiga dimensi dan termasuk jenis seni rupa terapan.
Anyaman ini biasanya digunakan untuk para pemula untuk belajar. Bahan yang biasanya digunakan biasanya adalah kertas.
Anyaman Buluh
Gambar di atas merupakan jenis anyaman buluh. Gambar di atas adalah gambar nampan yang terbuat dari buluh atau aur.
Anyaman ini biasa digunakan sebagai wadah
Begitu Hebat dan berselera tinggi Para Seniman yang ada di Negara kita
ini, mereka selalu mengeluarkan Ide-ide yang cemerlang, meskipun zaman
sudah modren tapi hal-hal yang sepele pun masih bisa mereka manfaatkan,
dan harganya juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan
barang-barang masa kini, selain menarik gambar-gambar diatas juga
memiliki suatu ciri khas daerah masing-masing. Semoga Kita semua bisa
menjaga dan membudidayakan Apapun yang udah da di Tanah Air Indonesia
ini.
Seni Lukisan Kaca
Gambar di atas merupakan lukisan kaca yang biasanya terletak di gereja. Merupakan seni rupa dua dimensi.
Lukisan Kaca Cirebon merupakan salah satu cabang seni lukis dengan
menggunakan media kaca, dimana teknik melukisnya adalah terbalik atau
melukis dibagian belakang dan menikmati hasilnya dari bagian depan.
Lukisan kaca yang berada pada gambar di atas menggunakan toples sebagai
medianya. Lukisan kaca sangat spesifik dalam pengerjaannya.
Lukisan Kaca dikenal sebagai produk spesifik. Hal itu dikarenakan
Lukisan Kaca Cirebon dilukis dengan teknik melukis terbalik, kaya akan
gradasi warna dan harmonisasi nuansa dekoratif serta menampilkan
ornamen atau ragam hias Motif Mega Mendung dan Wadasan yang kita kenal
sebagai Motif Batik Cirebon.
Lukisan Kaca yang menganut gaya modern yang bernuansa 3 dimensi, hal
ini banyak dilakukan Pelukis Kaca agar memberikan kesan yang indah.
Merupakan lukisan kaca wayang yang juga berasal dari cirebon. Kebanyakan seni lukisan kaca cirebon dipengaruhi oleh budaya cina.
Lukisan kaca yang berbentuk kaligrafi. Merupakan ciri khas lukisan kaca
cirebon. Ada 42 jenis lukisan kaca peninggalan dari para wali atau
sunan khususnya Sunan Gunung Jati.
Gambar di atas merupakan lukisan kaca tradisi kamasan. Menggambarkan wayang yang sedang menari.
Gambar di atas merupakan lukisan kaca rahwana. Lukisan kaca yang
bergambar wayang biasanya dipercaya membawa sifat dan kepribadian yang
berbeda. Atau kepercayaan dari sang pembuat.
Lukisan kaca di atas menggunakan gradasi warna atau pewarnaan yang
menganut Gelap ke Terang dan Terang ke Gelap. Melukis pada kaca
membutuhkan ketelitian dan kesabaran.
Gambar di atas merupakan lukisan kaca yang sedang mengalami tahap
pengisian cat pada bidang kaca. Cara mengecatnya harus hati-hati, harus
halus dan konstan agar tidak keluar dari batas garis.
Lukisan kaca wayang yang disertai dengan unsur mega mendung. Karena lukisan kaca sendiri berasal dari Cirebon.
Lukisan kaca yang bergambar tokoh wayang yang sangat terkenal yaitu
bagong. Lukisan kaca cirebon biasanya berbentuk gambar wayang atau
kaligrafi, karena gambar tersebut menjadi ciri khas lukisan kaca
cirebon itu sendiri.
Lukisan kaca yang menggunakan media kaca untuk vas bunga. Tekniknya
tidak jauh berbeda dengan lukisan kaca yang lain. Namun yang
menggunakan bidang vas bunga lebih sulit karena medianya berbentuk
bulat dan tidak datar seperti lukisan kaca pada umumnya.
Gambar di atas adalah lukisan kaca yang pada waktu yang lalu dipamerkan
di Kegiatan Lukisan Kaca bagi Generasi Muda Mudi di kota Cirebon.
Tujuannya adalah untuk lebih mengembangkan Lukisan Kaca Cirebon.
Merupakan lukisan kaca yang biasanya ada di gedung-gedung atau
rumah-rumah penduduk. Pelukis kaca menggunakan teknik yang dapat
memberikan kesan yang indah dengan background warna warni bak langit
terkena sinar matahari di sore hari.
Gambar lukisan kaca wayang yang sedang bertarung dengan ular. Lukisan
yang seperti ini biasanya dipercaya dapat menjaga kekuatan jahat dan
biasanya dipajang di pintu depan rumah.
Lukisan kaca bunga. Terlihat seperti nyata. Karena para pelukis kaca
menggunakan teknik modern. Di mana seluruh objek digambar dengan ragam
hias, hanya pada bagian background dibiarkan terbuka tanpa diisi cat.
Konon lukisan kaca ini berasal dari Cina yang dibawa para pedagang Cina
ke wilayah Cirebon. Namun tidak diketahui secara pasti tentang
sejarahnya.
Gambar disamping ini adalah salah satu upaya Pengembangan Lukisan Kaca
Cirebon melalui Kegiatan Pelatihan Lukisan Kaca bagi generasi muda-mudi
di Kota Cirebon pada tahun 2006 yang lalu. Lukisan Kaca telah dikenal
sejak abad ke 17 ketika masa pemerintahan Panembahan Ratu di Cirebon,
sebagai wujud media dakwah dalam penyebaran agama Islam saat itu.
0 komentar: on "Seni rupa nusantara"
Posting Komentar